h.m. nasruddin anshoriy ch.

wajahnya sumringah, cerah, dan penuh pancaran kebahagian.

pertama kenal dengannya hanya bermodal niat silaturahim untuk mengetahui proses pembuatan film dokumenter Jejak Juang Sang Rais Akbar. film perjuangan Hadratussyekh KHM Hasyim Asy’ari. tokoh pahlawan pergerakan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Gus Nas, demikian sapaannya, banyak dikenal oleh tokoh-tokoh nasional di negeri ini. artis, politisi, pengusaha, maupun seniman. ia banyak mengoleksi lukisan-lukisan langka dari para maestro. multi talenta, demikian ramal Gus Dur padanya. bakat alami yang menjadi penggerak aktivitasnya.

Gus Nas bukan saja guru, melainkan juga kakak sekaligus sahabat bagiku. hampir tak ada jarak di antara kami. ia tak sungkan menegur atau mengoreksi bila pekerjaanku banyak yang salah.

Gus Nas banyak diliputi keberkahan. ia mengenalkanku pada kolega-koleganya. aku terkadang sering canggung. karena merasa belum pantas untuk lebih dikenal. namun, Gus Nas sering pula mengangkatku seolah orang yang pantas.

di sampingku, senja itu di pelataran mesjid area makam Syekhona Kholil Bangkalan. Abah D Zawawi Imron berujar pelan. “dirimu harus belajar banyak kepada Gus Nas. saya tahu, dirimu pembosan. meski sering bertengkar dengan Gus Nas, tapi kami masih tetap sejalan,” ujarnya, mengingatkan.

Gus Nas mengenalkan arti puisi kepadaku. “tidak hanya mementingkan estetika, puisi juga memerlukan puitika,” katanya, “itu yang membedakan saya dengan penyair lain.”

benar. puisi-puisi Gus Nas sangat menendang laksana tendangan seorang libero. tajam, keras, dan tepat sasaran.

setiap pagi, siang, sore, hingga malam. aku dapat tahu persis kesibukannya yang tak pernah diam. terkadang menelepon, membuat puisi, sholat berjamaah bersama istri dan puterinya, juga membaca koran atau buku.

Kendal-Ngawi, 14.48; 29 Juli 2018.

========================

Penulis:

M. Sakdillah (author, director, and culture activities).

Categories: Sosialita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *