Alkisah, Abu Manshur adalah pribadi yang zuhud dan shaleh. Ketika telah dekat ajalnya, ia sering menangis. ditanyakan kepadanya, “Kenapa engkau menangis ketika ajal hendak menjemput?”
Abu Manshur menjawab, “Karena aku akan melewati jalan yang tidak pernah aku lewati sebelumnya.”

Setelah Abu Manshur meninggal dunia, anaknya bermimpi bertemu dengannya pada malam keempat kematiannya. Sang anak lalu bertanya, “Wahai ayahku, apa yang telah Allah lakukan kepadamu?”

Abu Manshur menjawab, “Wahai anakku, sesungguhnya urusannya lebih rumit daripada yang engkau duga. Aku bertemu dengan Raja yang Maha Adil, tiada yang bisa menandingi keadilan Allah. Aku juga melihat orang-orang yang bertengkar dan berselisih di antara mereka.” Tuhanku bertanya kepadaku, “Wahai manusia, Aku telah memberikan usia kepadamu 70 tahun. Amalan apa yang engkau bawa hari ini?”

Aku menjawab, “Wahai Tuhanku, aku telah mengerjakan haji 30 kali. Aku telah bersedekah 40.000 dirham dengan tangan sendiri. Aku telah berperang di jalan-Mu 40 kali.”
Allah berfirman, “Aku tidak menerima semua amalan itu darimu.”
Aku berkata, “Kalau demikian, sungguh celaka aku!”
Lantas, Allah berfirman, “Bukan termasuk keluasan rahmat-Ku, jika Aku mengazab orang yang seperti ini. Wahai Abu Manshur, apakah engkau ingat pada suatu hari yang engkau menyingkirkan batu dan rintangan dari jalan agar tidak menyakiti orang muslim yang melewatinya? Sesungguhnya Aku merahmatimu dengan sebab amalan tersebut. Dan, sesungguhnya Aku tidak akan menyia-nyiakan pahala orang-orang yang berbuat baik.”
Demikian cerita dalam TanwirulAdzhan min Tafsir Ruhil Bayan 1/383.
Sekilas hikmah:
1. larangan untuk merasa sudah beramal banyak;
2. Allah Mahaluas rahmat-Nya;
3. Allah memiliki hak mutlak untuk menerima dan menolak amal (semoga Allah menerima amal kita);
4. anjuran untuk mengerjakan amal baik sekecil apa pun…karena bisa jadi amal tsb yg menyelamatkan.

===========================

Penulis:

Moh. Alaika Salamulloh (penggiat sufisme, tinggal di Palaihari).

Categories: Khazanah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *