Luas Wilayah Kabupaten Trenggalek 1.261,40 km² ( 126.140 Ha ) terdiri dari 2/3 bagian luasnya merupakan tanah pegunungan yang terbagi menjadi 14 Kecamatan, 157 Desa dan 6 Kelurahan.

SMK SULAIMAN TRENGGALEK

Latar belakang pendirian Sekolah Menengah Kejuruan Sulaiman Boarding School adalah didorong oleh kebutuhan lingkungan masyarakat Kabupaten Trenggalek yang sebagian besar hidup dari pemanfaatan hutan rakyat (48,43 %). Wilayah Kabupaten Trenggalek menurut data Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Timur adalah sebagai berikut:

  • Luas Wilayah Kabupaten Trenggalek 1.261,40 km² ( 126.140 Ha ) terdiri dari 2/3 bagian luasnya merupakan tanah pegunungan yang terbagi menjadi 14 Kecamatan, 157 Desa dan 6 Kelurahan
  • Jumlah penduduk 680.929 jiwa terdiri dari 50,22 % wanita dan 49,78 % pria dengan kepadatan penduduk sebesar 540 jiwa / km² dan laju pertumbuhan penduduk sebesar 0,25 %.
  • Kondisi geografis Kabupaten Trenggalek sebagian besar adalah tanah pegunungan. Menurut jenis tanahnya, ada tujuh kecamatan yang berjenis Mediteran MK , lima kecamatan berjenis Alluvial, dua kecamatan jenis Podsolik Humik, dan . Curah hujan rata-rata 1.910 mm/thn.
  • Penggunaan Tanah :

– sawah sebesar                    :         8,88 %      (    11.112 Ha)

– perkebunan seluas               :         2,39 %      (     3.014 Ha)

– tanah kering                        :       37,58 %      (    47.403 Ha)

– hutan rakyat                        :        48,43 %      (    61.425 Ha)

– Lain-lain                              :          2,52 %      (      3.186 Ha)

  • Batas wilayah :

–          Utara                             : Kabupaten Ponorogo dan Tulungagung

–          Selatan                          : Samodra Indonesia

–          Timur                            : Kabupaten Tulungagung

–          Barat                             : Kabupaten Pacitan dan Ponorogo

  • Letak Geografis : 111o24’ – 112o11’ BT dan7o53’ – 8o34’ LS

Sementara jarak tempuh untuk wilayah pemasaran antar kota , pangsa pasar produk rimpang lingkup dalam propinsi berjarak kurang lebih antara 30 km – 179 km. Dari data tersebut dapat dilihat, sektor pertanian masih belum maksimal, di samping lahan tanah kering yang juga luas (37,58 %).

Demikian, untuk memaksimalkan teknologi dan budidaya pertanian memerlukan kerja-kerja inovatif yang memerlukan pemanfaatan tenaga-tenaga manusia yang lebih efisien dan teknologi tepat guna dalam meningkatkan produktivitas lahan-lahan yang belum tergarap maksimal. Dalam hal ini, Sekolah Menengah Kejuruan Sulaiman Boarding School membuka program Agrobisnis dan Agrokultur guna meningkatkan daya tersebut.

Sekolah Menengah Kejuruan Sulaiman Boarding School baru dibuka pada tahun ajaran 2018-2019 yang bertempat di Desa Sukorejo, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Trenggalek. Program sekolah yang dipadukan dengan pesantren ini, fokus dibidang kejuruan pertanian, dan mempunyai harapan besar untuk menghasilkan anak didik yang siap menghadapi tantangan zaman.

Selain dibekali keahlian (soft skills) anak didik juga dibekali ilmu pengetahuan (study skills) dalam memahami Agama yang berhaluan Ahlus Sunnah Berjama’ah, dengan meng-intregasikan kurikulum diknas dan pesantren.

Di Bawah Naungan Pesantren

Keunggulan yang dimiliki oleh SMK Sulaiman Trenggalek adalah dibangun dari semangat pesantren. Sebagaimana pesantren memiliki spirit yang besar di dalam menjaga dan mengelola lingkungan yang mandiri. Kemandirian pesantren ini yang menjadikan Pondok Pesantren Salaf Sulaiman Trenggalek yang berbasis pendidikan salaf, diharapkan tidak saja menghasilkan alumni-alumni yang menguasai pendidikan keagamaan semata, melainkan juga mampu turut mengembaangkan teknologi dan pemanfaatan lingkungan yang lebih efisien.

Pondok Pesantren Salaf Sulaiman didirikan sejak tahun 2013. Dari perkembangan selama rentang tahun tersebut telah menampung santri sebanyak 300 orang santri putera dan puteri mukim dengan fasilitas gratis. Sementara yang tidak mukim berkisar hingga 800 orang santri putera dan puteri.

Media Pengembangan

Sekolah Menengah Kejuruan Sulaiman Boarding School merupakan program pendidikan terpadu di bawah naungan Yayasan Pendidikan Sulaiman Trenggalek. Yayasan ini menyiapkan perangkat-perangkat pendidikan yang lebih maju sebagaimana teknologi informatika. Melalui Media Center akan dikembangkan pula program pendidikan multimedia yang meliputi pendidikan:

  1. Desain Grafis dan Ilustrasi

Bidang ini Mengajarkan tentang warna, tipografi, psikologi. Contoh dari tugas tugasnya adalah membuat komik, poster. Software yang dipakai : Photoshop, Illustrator, CorelDraw.

  1. Audio atau Musik

Multimedia yang mengajarkan musik sebagai salah satu aspek yang mensupport bidang bidang lain. Contoh dari tugasnya: Membuat lagu (digital ataupun analog), membuat background music untuk game, film. Software yang dipakai: Cubase4, Music Maker, berbagai macam alat musik. Karir: Oskestra, singer, band, sound effect maker.

  1. Film

Membuat film, mewawancara, scenario, cinematography. Contoh dari tugasnya: Membuat film pendek, mewawancarai orang, mengedit video clip Software yang dipakai: Avid, Adobe After Effect Karir: Broadcast(TV), Producer, Animator, Kameraman, Editor, Actor.

  1. Web Design and Development

Bidang ini berkonsentrasi dalam membuat website, biasanya tidak tersedia untuk 4 tahun pelajaran, hanya merupakan salah satu cabang penjurusan (tahun ketiga dan keempat). Contoh tugasnya: Membuat webdesign, membuat website application, membuat Flash website. Bahasa pemrograman yang digunakan: HTML, CSS, JavaScript, c#(.net), Java, Php, query database, Action Script. Karir: web designer, web developer, web application engineer, software engineer.

  1. Fotografi

Bidang ini juga biasanya adalah bidang penjurusan, termasuk bidang mahal karena harga alat alatnya yang tak terjangkau oleh mahasiswa mahasiswi. Contoh tugasnya: Foto, memfoto dan memfoto lagi, dan mengedit foto Alat yang digunakan: Digital/analog SLR Camera, Tripod, Lensa Karir: Photographer panggilan (pernikahan, etc), buka foto studio, fotographer untuk majalah, freelance fotographer. Demikian, Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar yang dipelajari di SMK Pondok Pesantren Sulaiman Gandusari Trenggalek khususnya Jurusan Multimedia.

Melalui program pendidikan kejuruan tersebut diharapkan lapangan pertanian menjadi daya tarik tersendiri dengan penyebaran informasi dan pemasaran yang luas melalui program multimedia tersebut. Di samping, program pendidikan agama sebagaimana menghafal Al-Quran dan pendalaman ilmu-ilmu salaf tetap dipertahankan sebagai ciri khas sebuah pesantren.

Pendaftaran dan penerimaan siswa-siswi baru sudah dibuka secara gratis.

Trenggalek, 9 Maret 2019.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *