foto koleksi Amin Mulyanto. gayatrimedia.co.id

Jalan Terjal Literasi

Barangkali, ia pantas disebut sebagai pejuang literasi. Tanpa lelah, menggempur tradisi-tradisi tak tersentuh. Bersama Dr. Soetejo, ia menjelajah berbagai daerah di Jawa Timur.

Seperti saat itu di Probolinggo. Ia membuka serangkaian kegiatan Diseminasi GLN di Probolinggo 25-26 Maret 2019.

Kegiatan tersebut diikuti 100 peserta yang terdiri dari guru, siswa, mahasiswa, penggiat literasi, komunitas literasi, penulis, dan pelaku literasi. Hadir dalam kegiatan tersebut adalah Bapak Drs. Mustakim selaku Kepala Balai Bahasa Jatim, Ketua MGMP Bahasa Indonesia, Ketua MKKS, dan Kepala SMAN 1 Probolinggo.

Kegiatan mengambil tema “Membangun Kreativitas Melalui Literasi Digital’ dibuka oleh Kepala Cabang Dinas Wilayah Probolinggo, Bapak Kresna Herlambang, S. H., M. Si. Beliau memberikan himbauan dan harapan peserta mampu menularkan dan menjadi generasi literasi di Probolinggo. Melihat kondisi ada sebagian anak-anak yang belum mempunyai kesemoatan belajar di Wilayah Pribolinggo. .

Persoalan Pendidikan menjadi tanggung bersama. Peserta dalam kegiatan ini didorong untuk menindaklanjuti dan berbagi keilmuannya dan informasi kepada masyarakat dan anak-anak yang belum mempunyai kesempatan mengenyam pendidikan.

Literasi sebagai media bersosialisasi dan berinteraksi yang tepat demi mengembangkan dan mengangkat dunia pendidikan di berbagai sektor…

2019

Diseminasi GLN di Probolinggo

Penguatan literasi baca tulis dalam rangka membangun budaya literasi disampaikan langsung oleh Kepala Balai Bahasa Jatim, Bapak Drs. Mustakim, M. Hum. Pada kesempatan ini beliau juga menyampaikan peranan Balai Bahasa Jatim dalam Gerakan Literasi Nasional di Daerah.

Antusias peserta sangat beragam, sesi tanya jawab menjadi sarana interaksi dan pemahaman gerakan literasi lebih detail. Ada beberapa penanya, wakil dari guru,, siswa, dan komunitas terkait literasi digital. Bagaimana sikap dan solusi yang diterapkan dalam menghadapi persoalan yang ada?

2019

Dengan gaya yang khas Dr. Soetejo, M. Hum. memotivasi peserta gerakan literasi di Probolinggo. Membangun kreativitas melalui literasi digital adalah tema yang diusung pada kegiatan siang tadi di aula SMAN 1 Probolinggo.

Berselancar di dunia maya membuat kita lebih bijak melakukan gerakan literasi. Paradigma menjadi pumpunan memilih dan memilah diri untuk berkreasi lewat media digital.

Visi dan tantangan ke depan memaksa kita untuk selalu berinovasi lebih. Peningkatan minat baca, tulis, dan berliterasi adalah sarana yang tepat untuk mewujudkannya.

Kemandirian dan kecakapan merupakan sumber utama gerakan literasi. Apalagi era digital menuntut keahlian seseorang untuk lebih cepat tinggal landas.

Terobosan perlu ditingkatan artinya kepekaan terhadap gerakan literasi perlu diselaraskan sedemikian rupa sehingga pondasi yang dibangun menjadi kekuatan atau pijakan berlebih dalam upaya pengembangan SDM dan SDA di daerah.

2019

Categories: Laporan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *