foto koleksi Asean Haritage. gayatrimedia.co.id

Persoalan “terjemah” menjadi sangat penting di dalam kehidupan. Tidak di timur, tidak pula di barat. Dari generasi ke generasi manusia selalu tidak terlepas dari persoalan terjemah, karena menjadi bagian penting di dalam berkomunikasi.

Sebuah peperangan akan mengalami kekalahan besar ketika salah di dalam memahami pesan-pesan sandi yang diterima. Begitu pula hubungan suami isteri di dalam sebuah rumah tangga akan berdampak fatal ketika terjadi kesalahan menerjemahkan. Meski persoalan menerjemah ini merupakan persoalan yang melelahkan, tapi mau tak mau tetap akan terus berlangsung senyampang manusia membutuhkan sebuah hubungan.

Hal demikian selain dibutuhkan sebagai bagian penting dari komunikasi, juga diakibatkan oleh kecenderungan manusia sebagai makhluk simbolik.

Pada tataran komunikasi tingkat tinggi, manusia akan dibingungkan oleh simbol-simbol. Simbol-simbol tersebut bisa merupakan manifestasi dari keinginan rasa manusia di dalam mengungkapkan pikiran dan perasaannya. Ungkapan tersebut bisa berupa bunyi, sikap, maupun ke dalam bentuk-bentuk lain seperti kaligrafi dan isyarat. Pada tataran komunikasi tingkat tinggi tersebut kemudian melahirkan perangkat-perangkat keilmuan secara spesifik.

Keunikan simbolik tingkat tinggi sering pula dimunculkan oleh kaum Hawa. Di dalam sebuah hadis Nabi Muhammad Saw disebutkan, jika diam seorang perempuan bisa berarti “iya”. Kegagalan kaum pria di dalam menerjemahkan keinginan perempuan dapat menyebabkan sebuah mis-komunikasi yang tajam. Hanya saja, perempuan memiliki energi yang kuat di dalam melakukan komunikasi untuk menyampaikan pesan-pesannya, meskipun menemukan kegagalan-kegagalan.

Hiruk pikuk media sosial dan politik tidak terlepas dari persoalan ribut masalah terjemah ini, terutama ketika hak terjemah telah menjadi hak bersama bagi setiap pengguna media.

Trenggalek, 7.04, 2 April 2019.

======================

M. Sakdillah (author, director, and culture activities).

Categories: Etika

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *