Di saat modernisasi menghadirkan berbagai macam obat kimia, kini, ia menekuni kayu Secang sebagai bahan pengobatan alternatif. Kayu Secang
(Caesalpinia sappan) adalah tanaman yang mengandung obat dan sudah menjadi tanaman industri jamu di Indonesia.

Ia menjadi kader agresif yang memiliki watak tidak mudah menyerah. Dalam waktu singkat terus menjajaki setiap kemungkinan. Berbagai macam usaha dijalaninya, mulai dari penjaja bakso, penyedia bahan kayu Secang, pengrajin meuble, hingga kontraktor beberapa bangunan.

Esensinya, ia ingin menjadi yang terbaik di mata relasi dan koleganya. Tidak jarang dari kemurahan hatinya sering dimanfaatkan oleh rekan rekan kerjanya.

Mufid Iriyanto, lahir 4 September 1982 (sesuai kartu tanda penduduk), kini memulai usaha bersama isteri tercinta di sela sela aktivitasnya sebagai kader NU, penggerak ekonomi desa (BUMDes), dan segenap kegiatan masyarakat.

Malam itu hujan deras mengguyur Desa Jemurclowok, Kabupaten Kebumen, tampak baru saja selesai menguburkan warga desa yang meninggal. Dua puteranya kini sedang menempuh pendidikan di Pesantren Leler, Banyumas, dan satu puterinya yang masih belajar di rumah.

Sebagaimana telah dilansir oleh alodokter.com[1], kayu Secang memiliki beberapa manfaat seperti untuk mengatasi peradangan dan nyeri, membasmi bakteri, mengatasi jerawat, menghambat pertumbuhan sel kanker, menghentikan diare, mencegah kerusakan sel, menurunkan dan mengontrol gula darah.

“Tak hanya berbagai manfaat di atas, kayu secang juga diyakini bermanfaat untuk memelihara kesehatan dan fungsi hati, mengontrol tekanan darah, mengatasi radang gusi, dan mencegah kerusakan sel saraf. Meski demikian, berbagai klaim manfaat kayu secang tersebut juga masih perlu dikaji lebih lanjut. Kayu secang secara umum dapat dikonsumsi sebagai jamu atau teh herbal, tetapi usahakan untuk tidak mengonsumsinya bersamaan dengan obat-obatan guna mencegah terjadinya efek samping.”

Di tengah kesibukannya, Pak Mufid, demikian juragan yang sudah dikenal luas di Kota Kebumen ini, tengah serius meneliti manfaat kayu Secang yang telah dikenal masyarakat Jawa dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit. Bersama masyarakat binaannya, ia coba merancang sebuah klinik herbal dan usaha usaha yang dapat merespon semangat masyarakat dalam menghidupkan industri rempah sebagai komoditi unggul di Kabupaten Kebumen.

Bagi Mufid, Kabupaten Kebumen memiliki potensi yang bisa menjangkau relasi dan koneksi lebih jauh, mengingat jalur transporatsi kereta api dan angkutan darat jalur selatan serta bendara internsional yang tidak terlalu jauh dapat menopang laju ekonomi yang menjanjikan di masa mendatang.


[1] https://www.alodokter.com/7-manfaat-kayu-secang-untuk-kesehatan

Categories: Tokoh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *